browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

UB Terima 5955 Calon Mahasiswa dari SNMPTN 2015

Posted by on May 12, 2015

Universitas Brawijaya (UB) menerima 5955 calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015. Jumlah ini menduduki posisi tertinggi di Indonesia disusul Universitas Haluoleo (5600) dan Universitas Negeri Manado (3958). Pengumuman resmi hasil seleksi telah dilakukan Panitia Nasional SNMPTN 2015 pada Sabtu (9/5/2015). Hasil seleksi SNMPTN 2015 dapat dilihat di sini.

5955 calon mahasiswa merupakan hasil seleksi dari total 64.653 peminat dari seluruh Indonesia. Jumlah ini menduduki posisi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Universitas Padjadjaran (74.159) dan Universitas Gadjah Mada (66.748). Dengan demikian, sekitar 10% dari jumlah pendaftar SNMPTN 2015 diterima di UB. Selain itu, Teknik Informatika UB menduduki posisi tertinggi jumlah pendaftar prodi Saintek, yakni mencapai 6774 peminat.

Dibanding tahun sebelumnya, penerimanaan calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN mengalami kenaikan, Sebanyak 5784 calon mahasiswa diterima melalui jalur SNMPTN pada 2014. Calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN ini akan memenuhi 50% kuota penerimaan mahasiswa baru 2015. Sisanya 30% diambil dari SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan 20% dari SPMK (Seleksi Program Minat dan Kemampuan).

Ada tiga komponen dasar seleksi SNMPTN yakni komponen penilaian siswa meliputi nilai rapor, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran, prestasi akademik lain diluar rapor serta sertifikat prestasi lainnya yang relevan dengan program studi pilihan. Komponen penilaian kedua adalah sekolah yang meliputi akreditasi sekolah dan kualitas alumni tahun sebelumnya. Komponen ketiga adalah komponen aksesibilitas siswa yang berasal dari daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T) dan keluarga kurang mampu.

Pendaftaran ulang calon mahasiswa akan dilakukan pada 9 Juni 2015 di Gedung Samantha Krida dan GOR Pertamina UB, berbarengan dengan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016 dapat diikuti di http://selma.ub.ac.id/ [denok/Humas UB]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>