browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

UB Adakan Sosialisasi Jalur Masuk Maba 2015/2016

Posted by on January 29, 2015
UB Adakan Sosialisasi Jalur Masuk Maba 2015/2016

UB Adakan Sosialisasi Jalur Masuk Maba 2015/2016

Biro Administrasi Akademik dan Kerjasama Universitas Brawijaya (BAAK UB) mengadakan sosialisasi jalur masuk mahasisswa baru tahun ajaran 2015/2016. Sosialisasi yang dihadiri sekitar 800 guru dan kepala sekolah di Malang Raya, Blitar, dan Batu tersebut dilaksanakan di Gedung Samantha Krida UB, Rabu (28/1).

Kepala BAAK UB, Dra. Ernani Kusdiantina, MM mengatakan bahwa ada tiga jalur masuk di UB,yaitu SNMPTN dgn kuota 50 %, SBMPTN dgn kuota 30%, dan jalur mandiri dengan kuota 20%.
SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi non akademik lainnya.

Ujian SNMPTN ditanggung oleh pemerintah sehingga tidak perlu membayar biaya pendafataran. Dalam pendaftaran SNMPTN ada beberapa tahapan yang harus diikuti, yaitu pertama pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) yang pengisiannya dilakukan oleh kepala sekolah.

Dalam pengisian PDSS harus benar-benar sesuai dengan raport asli. Jika diketahui ada nilai yang tidak sama, maka UB berhak menolak dan memberikan blacklist ke sekolah yang bersangkutan.

Kabag Akademik dan Pembelajaran Drs. Agus Yuliawan mengatakan bahwa blacklist bisa dibuka dalam jangka waktu satu tahun setelah pendaftaran atau jika pihak sekolah melapor ke perguruan tinggi yang bersangkutan
Setelah melakukan pengisian tahap berikutnya adalah verifikasi nilai yang dilakukan siswa. Dalam verifikasi, Agus menghimbau agar siswa yang bersangkutan menandatangani hasil verifikasi sehingga tidak terjadi komplain dari orang tua murid.Tahap terakhir adalah pendaftaran progran studi oleh siswa pendaftar.

Dalam SNMPTN sistem penilaian nasional meliputi pertama kriteria seleksi nasional untuk siswa yang terdiri dari kelengkapan nilai dan pencapaian nilai mata pelajaran dibanding kriteria ketuntasan minimal (KKM); kedua indeks sekolah diukur dari nilai SBMPTN, akreditasi sekolah dan jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Agus juga menambahkan bahwa  strategi pemilihan PTN pada SNMPTN yaitu UB tidak mau diduakan. Maksudnya adalah setiap siswa dapat memilih dua PTN salah satu harus di provnisnya, siswa di luar Jawa yang ingin kuliah di Jawa sehingga pilihan PTN 1 pasti di Jawa, kedua seleksi SNMPTN dilakukan pada PTN 1 dulu, sehingga jika daya tampung sudah terpenuhi di PTN 1 maka PTN 2 tidak akan diseleksi, dan ketiga apapun Program Studinya pasti sudah terpenuhi daya tampungnya karena siswa yang merasa ditengah ke bawah tidak akan memilih program studi yang favorit.
Pada tahun ini pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada tanggal 13 Februari hingga 15 Maret 2015. Untuk proses seleksinya akan dilakukan pada tanggal 16 Maret sampai 8 Mei 2015.
Sementara itu, jalur masuk UB kedua adalah SBMPTN yang merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi yang dilakukan dengan ujian tulis atau ujian keterampilan, dengan biaya pendaftaran ditanggung oleh peserta. Pendaftaran SBMPTN akan dibuka pada bulan Mei 2015 dan ujiannya akan dilakukan hanya satu hari pada 9 Juni 2015.

Jalur masuk UB ketiga adalah Jalur Mandiri SPMK. Jalur Mandiri atau SPMK adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru UB melalui ujian tulis yang dilakukan khusus oleh Universitas Brawijaya. SPMK dilaksanakan setelah SNMPTN dan SBMPTN selesai diadakan dan ujiannya diadakan selama satu hari.[Oky]

Sumber : http://prasetya.ub.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>