browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Peran Generasi Muda Dalam Bela Negara dan Wawasan Pertahanan Negara

Posted by on January 17, 2014

kuliah-tamu1UB pada hari Jum’at 17 Januari 2014 mengadakan acara Kuliah Tamu oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko dengan Topik” Peran Generasi Muda Dalam Bela Negara dan Wawasan Pertahanan Negara“. Dalam Kuliah Tamu ini Panglima mengatakan bahwa kampus sebagai agen perubahan harus memposisikan diri sebagai pencetus perubahan itu sendiri. Agen Pemberdayaan Masyarakat, dan Bukan Eksklusif tetapi Inklusif. Menurut Panglima, Mahasiswa harusnya tidak hanya pandai Demonstrasi tetapi juga harus pandai Demokrasi dalam inovasi-inovasinya. Di Cina ada perguruan Saolin, dalam cuaca yang dingin latihan tetap berjalan. Inilah menurut panglima yang membuat bangsa Cina menjadi kuat dalam membangun karakter.

Membangun budaya ilmiah di Kampus perlu ditingkatkan. Produk2 ilmiah harus dihasilkan dari Kampus. Sebagai House of Learning ( Publikasi Ilmiah, HAKI, dan Prestasi). Sumber Kepemimpinan Nasional salah satunya juga berasal dari Kampus, selain dihasilkan dari Partai Politik, dan Lembaga-lembaga yang ada di Indonesia.

 

kuliah-tamu2Panglima TNI menerangkan bahwa Paradigma TNI dulu dan sekarang ini sudah berbeda, yaitu sebagai prajurit yang professional. Selain itu ancaman yang ada sekarang ini sulit dikenali, karena bisa berbentuk ancaman ideologi, politik sosial dan budaya. TNI selalu waspada dalam menghadapi segala kondisi apapun. Kesadaran bersama dalam membangun ketahanan diri kita semua menjadi salah satu bentuk pertahanan di dalam masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>